KONTAK SAYA

Email Twitter Facebook

TELUSURI

GALERI FOTO

Kategori Arsip Daftar Isi

MULAI DARI SINI

Pelayanan Portfolio Pembayaran

Home » » Kabupaten Musi Rawas Bakal Pecahkan Rekor MURI Khataman Al Quran

Kabupaten Musi Rawas Bakal Pecahkan Rekor MURI Khataman Al Quran

Waikabubak Sumba

Kabupaten Musi Rawas Bakal Pecahkan Rekor MURI Khataman Al Quran

Jakarta (SI ONLINE) - Beginilah mestinya seorang pemimpin. Membangun karakter masyarakatnya berlandaskan nilai-nilai Islam. Mendekatkan mereka dengan Al Quran. Setidaknya itulah yang dilakukan Bupati Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Sulatan, H Ridwan Mukti.

Rencananya kabupaten ini akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk khataman Al Quran dengan peserta terbanyak yakni 12.000 santri yang ada di daerah itu.

H Ridwan Mukti dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis (1/11/2012), mengatakan, acara pemecahan rekor itu akan berlangsung di Masjid Agung Musi Rawas Darussalam, Muara Beliti, Musi Rawas pada Ahad, 4 November 2012 nanti, yang dikemas dengan nasyid, tabligh akbar, dan hiburan bernuansa Islami.

Rekor sebelumnya untuk kategori ini dipegang Jombang, Jawa Timur, dengan melibatkan 5.000 orang santri dan pelajar.

H Ridwan Mukti mengatakan, kegiatan pemecahan rekor Muri itu sebagai bentuk komitmen kabupaten yang dipimpinnya mewujudkan Musi Rawas Darussalam, dengan tujuan pembangunan generasi muda yang berkarakter, dan digali dari kearifan dan sejarah lokal. "Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda,” katanya.

Dikatakan, program sejenis, yang berakar dari kearifan lokal dan bernuansa agamis akan diprogramkan setiap tahun secara berkesinambungan, sejalan dengan perkembangan pembangunan fisik dan ekonomi di daerah Musi Rawas tujuh tahun terakhir.

Menurut Ketua ICMI Sumsel, dan juga mantan anggota DPR RI dua periode ini, sebelumnya sudah menargetkan hingga tahun 2014 nanti, 20 persen masyarakat di Musi Rawas khatam Alquran, 50 persen masyarakat ikut Majlis Taklim, dan 100 persen masyarakat bebas buta aksara Alquran.

Bupati Ridwan Mukti juga menerbitkan Peraturan Bupati Musi Rawas No 5 Tahun 2008 tentang Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran, dan Instruksi Bupati kepada seluruh camat dan kepala desa se-Musi Rawas untuk membentuk kelompok pengajian dan majelis ta’lim di wilayahnya.

Bahkan demi mendukung tercapainya program itu, Ridwan Mukti mengucurkan anggaran puluhan miliar per tahun, antara lain untuk memberikan insentif Rp500 ribu kepada guru ngaji untuk setiap anak yang berhasil dikhatamkan, dan Rp100 ribu untuk sang anak.

Dengan insentif itu, jika seorang guru ngaji dapat mengkhatamkan 10 anak, maka insentif yang diterimanya adalah Rp5 juta. Program ini sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2009.

Sementara itu Kabag Kesra, Pemkab Musi Rawas HM Zoher Hasan menjelaskan, kegiatan pemecahan rekor Muri nanti diikuti santri yang telah direkrut sebelumnya dari tingkat kecamatan atau 27 kecamatan yang ada di kabupaten ini, meliputi para santri angkatan pertama hingga ketiga sejak tahun 2009, 2010 dan 2011 plus tambahan dari tahun 2012.

Khataman bersama dalam rangka kegiatan pemecahan rekor MURI ini, sudah dimulai di tiap kecamatan sejak 1 Oktober, dan berlangsung hingga 31 Oktober, untuk selanjutnya anak-anak ini akan berkumpul di Masjid Agung Musi Rawas Darussalam pada 4 November 2012.

"Sesuai arahan Bapak Bupati, kegiatan ini menjadi bukti bagaimana Pemkab Musi Rawas sangat konsern dengan pembangunan akhlak mulia. Nab Muhammad SAW dulu yang pertama-tama dibina itu adalah akhlak, sehingga generasi muda kita tidak mudah terombang-ambing oleh zaman," demikian Zoher Hasan.


Sumber : http://www.suara-islam.com


0 Saran Dan Kritik:

Poskan Komentar

Entri Populer

 
© 2010-2015 Islam Agamaku
Desain by OTIN | Islam Agamaku | Powered by Harian Islam