IBX58B0693E37B6C

KONTAK SAYA

Facebook

TELUSURI

MULAI DARI SINI

Home Daftar Isi

Home » » Kriminalisasi Pesantren, Polisi Tangkap Semua Santri Darul Akhfiya dengan Dalih Terorisme

Kriminalisasi Pesantren, Polisi Tangkap Semua Santri Darul Akhfiya dengan Dalih Terorisme

Kriminalisasi Pesantren, Polisi Tangkap Semua Santri Darul Akhfiya dengan Dalih Terorisme

Nganjuk, Aparat keamanan makin hari semakin ngawur saja. Setelah melakukan salah penangkapan di Palmerah dan Kebon Kacang, Jakarta, dengan dalih pemberantasan terorisme mereka menangkap semua santri dan pengasuh sebuah pesantren di Nganjuk, Jawa Timur.

Sekitar 50 penghuni Pondok Pesantren Darul Akhfiya di Desa Kepuh, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, dibawa ke markas Polres Nganjuk, karena diduga terlibat jaringan teroris, Selasa (13/11) dini hari.

Seperti dilaporkan Antara News, puluhan polisi dengan membawa senjata lengkap mendatangi pondok yang jaraknya tidak begitu jauh dari jalan raya utama, yang menghubungkan Provinsi Jatim dengan Provinsi Jateng tersebut.

Mereka menangkap 50 santri, termasuk pengasuh pondok yang diketahui bernama Ustad Nasiruddin Ahmad alias Landung Tri Bawono (34), asal Sukoharjo, Solo. Awalnya, petugas membawa mereka ke Markas Polsek Kertosono, Kabupaten Nganjuk, tapi kemudian mereka dievakuasi ke Polres Nganjuk. Mereka dibawa menggunakan bus untuk diangkut ke Polres Nganjuk.

Dikabarkan sejumlah tetangga mengaku mencurigai aktivitas di pondok tersebut. Mereka sering terlihat melakukan latihan bela diri, bahkan kegiatan itu dilakukan pada malam hari.

"Mereka sering latihan bela diri, bahkan mereka mempunyai lapangan mirip untuk latihan militer di belakang pondok. Kami curiga, mereka adalah jaringan teroris," kata Maryono, salah seorang tetangga.

Ia juga menyebut, rata-rata usia santri yang ada di pondok yang lebih dari satu tahun berdiri itu masih belasan tahun, masih pelajar setingkat SMP atau SMA. Mereka juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Banyuwangi, Pasuruan, Ambon, dan sejumlah daerah lainnya.

Sementara itu, Ustad Nasirudin membantah tudingan jika ia terlibat jaringan terorisme. Ia selama ini, hanya mengajarkan kegiatan pengajian saja.

"Kami tidak mengajarkan gerakan terorisme, namun hanya ilmu agama seperti pesantren umumnya. Selain itu, kami juga mengajarkan ilmu beladiri," ujar Nasiruidin.

Sementara itu, polisi sampai saat ini masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan tidak membolehkan warga maupun jurnalis untuk mendekati lokasi kejadian.

Namun, dari sejumlah informasi yang didapat, polisi dikatakan mendapati kitab-kitab tentang jihad banyak ditemukan di pondok tersebut. Polisi juga mendapati sejumlah senapan angin ada di tempat tersebut.

Sampai saat ini, belum ada yang bisa dikonfirmasi dari petugas kepolisian setempat. Mereka masih tutup mulut tentang dugaan jaringan teroris yang ada di Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk tersebut. 


Sumber : http://www.suara-islam.com


0 Saran Dan Kritik:

Posting Komentar

loading...
 
© 2010-2015 Harian Islam Agama Ku
Desain by OTIN | Islam Agamaku | Powered by Harian Islam