KONTAK SAYA

Email Twitter Facebook

TELUSURI

GALERI FOTO

Kategori Arsip Daftar Isi

MULAI DARI SINI

Pelayanan Portfolio Pembayaran

Home » » Oon. Umat Islam Indonesia Sambut Gembira Kemenangan Obama?

Oon. Umat Islam Indonesia Sambut Gembira Kemenangan Obama?

Waikabubak Sumba

Oon. Umat Islam Indonesia Sambut Gembira Kemenangan Obama?            

JAKARTA Saat acara nonton bersama penghitungan suara pemilihan Presiden Amerika Serikat yang di gelar di Amigos dan Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta -- diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat dan dihadiri oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scott Marciel – terlihat ekspresi kegembiraan orang Indonesia seraya mengibarkan bendera Amerika Serikat saat Barack Obama terpilih kembali sebagai Presiden AS.Oon!
Beberapa stasiun televisi swasta bahkan harus menyiarkan secara live.  Termasuk sejumlah murid SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat yang meluapkan kegembiraan dengan membentangkan spanduk bergambar  Barack Obama saat menonton bersama tayangan pemilihan Pilpres Amerika Serikat di SDN 01, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2012).
Obama yang sempat sekolah selama 2 tahun pada akhir tahun 60-an, menggelar acara khusus menyaksikan proses penghitungan suara Pilpres AS. Dipandu Kepala SDN 01 Menteng, Ahmad Solihin, suasana meriah seperti saat penghitungan suara di Tempat Pemngutan Suara (TPS) di Jakarta.“Hidup Obama… Hidup Obama,” begitu teriak satu murid SD dengan wajah polos.
Seperti diketahui, Presiden Amerika Serikat (AS) berhasil memenangkan pilpres tahun ini dengan mengungguli perolehan Electoral College atas penantangnya, Mitt Romney. Kantor berita AFP, Rabu (7/11/2012), melansir Obama pun mencetak sejarah karena menjadi capres kedua dari partai Demokrat yang berhasil memenangi periode jabatan kedua sejak Perang Dunia II. Yang pertama adalah mantan presiden Bill Clinton yang pernah memegang jabatan selama dua periode.
Dari kalangan DPR, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyambut gembira kemenangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dalam Pilpres AS. Kemenangan Obama, dinilainya membawa hawa baik untuk Indonesia."Saya termasuk orang yang mengikuti dari waktu ke waktu terhadap pesta demokrasi terbesar di abad ini yakni Pilpres AS. Meskipun saya nggak punya hak pilih tapi saya bergembira menyatakan Presiden Obama terpilih kembali meskipun dengan selisih yang sangat tipis hanya 200.000 dari 103 juta suara sah yang masuk," kata Priyo.
Wakil Direktur Human Rights Working Group Chairul Anam berharap kemenangan Obama dapat memberikan dampak positif bagi penyelesaian berbagai kasus hak asasi manusia di Indonesia, seperti penyelesaian kasus kematian aktivis HAM Munir dan juga soal penyelesaian damai di Papua. Obama, kata Anam, harus meminta pemerintah Indonesia untuk segera mengevaluasi pendekatan keamanan di Papua karena jika tidak maka kekerasan di Papua akan terus terjadi.

Ketua Umum Nahdatul Ulama Said Aqil Siradj juga menyambut gembira kemenangan Obama ini. Ia menilai Obama merupakan presiden Amerika yang paling mengenal Islam dan budaya timur. Ia berharap Obama dapat lebih menegakkan keadilan dan hak asasi manusia dengan seadil-adilnya khususnya untuk dunia Islam.“Satu-satunya presiden Amerika yang pidato dengan terang-terangan Islam bukan agama teroris, Islam bukan agama radikal, baik dalam pidato di Amerika maupun di Mesir,” ujar Said Aqil.

Direktur Moderate Muslim Society Zuhairi Misrawi menyatakan dialog antara Islam dengan dunia barat termasuk Amerika harus terus dilakukan. Zuhairi juga berharap agar konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel dapat segera diselesaikan dan Obama dengan mengakui kemerdekaan Palestina.
Ekspresi kegembiraan juga ditunjukkan oleh dunia Arab atas kemenangan Barack Obama."Kemenangan Obama adalah harapan sebagian besar masyarakat di Timur Tengah. Dunia Arab menyambut baik," kata analis politik Mesir Ahmed Refai yang memantau pemilu AS lewat jaringan televisi Nile News pada Rabu (7/11) pagi waktu setempat.
Berbagai jaringan televisi di dunia Arab menghentikan sementara tayangan regulernya untuk membuat "breaking news" guna menyiarkan kemenangan Obama yang diproyeksikan jaringan televisi berita AS CNN tersebut. Menurut Refai, dunia Arab sempat khawatir ketika melajunya Mitt Romney, lawan Obama, pada perhitungan awal. "Kekhawatiran itu timbul karena Romney dalam setiap kampanyenya selalu menonjolkan permusuhan ketimbang perdamaian di Timur Tengah," katanya.
Jaringan televisi Al Arabia melaporkan dari AS menyebutkan, masyarakat Arab di Negeri Paman Sam tersebut juga bersorak menyambut kemenangan tokoh berkulit hitam yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia itu. "Kami senang, kemi gembira atas kemenangan Obama. Ini kemenangan kita semua," teriak sejumlah warga Arab sambil mengacungkan poster bertuliskan "Forward", jargon kampanye Obama.
Rakyat Palestina yang mendambakan kemerdekaan dari Israel juga dilaporkan menyambut gembira kemenangan Obama dan mengharapkan kemerdekaan negara Palestina berdaulat dapat terwujud dalam periode kedua kepemimpinan Obama. "Obama hendaknya mewujudkan kemerdekaan Palestina dan Jerusalem adalah ibu kota abadi Palestina," kata anggota juru runding Palestina, Saeb Erekat.
Akankah Obama akan mewujudkan kemerdekaan Palestina? Tidak diam dengan persoalan Rohingya? Bertindak atas kekejaman Rezim Suriah Basyar Asad dan sebagainya? Sepertinya mustahil.

Sumber : http://www.voa-islam.com


0 Saran Dan Kritik:

Poskan Komentar

Entri Populer

 
© 2010-2015 Islam Agamaku
Desain by OTIN | Islam Agamaku | Powered by Harian Islam