IBX58B0693E37B6C

KONTAK SAYA

Facebook

TELUSURI

MULAI DARI SINI

Home Daftar Isi

bitcoin

Home » , , , » Asal-Usul Celak Itsmid, Celak Terbaik Anjuran Rasullulloh Saw

Asal-Usul Celak Itsmid, Celak Terbaik Anjuran Rasullulloh Saw

rahmad noer


sejarah celak itsmid anjuran rasullulloh, celak bagi laki-laki islam

Islam Agamaku - Celak merupakan alat kosmetika yang biasa dipakai oleh kaum hawa, yang biasanya diaplikasikan disekitar kantung mata. Namun dalam islam, celak mata tidak hanya digunakan seorang muslimah saja akan tetapi para laki-laki pun  menggunakannya.
Memakai celak merupakan sebuah kesunahan, banyak hadits yang menyatakan tentang bercelak. Salah satunya adalah : ” Celak yang terbaik untuk kamu adalah itsmid. Sesungguhnya ia bisa menjernihkan penglihatan dan menumbuhkan bulu mata.” (HR. Abu Daud)
Dalam sejarah tidak diketahui secara pasti penggunaan celak oleh manusia karena belum ada literatur yang membahas tentang hal itu. Jadi kemungkinan besar Rasulullah Saw adalah orang yang pertama kali menggunakan celak mata. Dan itsmid adalah salah satu jenis celak yang dianjurkan oleh Rasullulloh Saw.
Menurut Ibnu Qoyyim Al Jauziyyah, itsmid adalah batu celak berwarna hitam dan jenis yang terbaik berasal dari Asfahan, Persia. Itsmid yang terbaik adalah yang mudah pecah dan pecahan tersebut terlihat berkilauan, bagian dalamnya halus dan tidak kotor. Warna celak jenis ini adalah warna celak yang mudah melekat.Celak biasanya dipakai untuk menghitamkan alis dan bulu mata atau pinggiran kelopak mata.
Celak sangat berguna untuk menguatkan mata, mengencangkan syaraf dan menghilangkan daging yang tumbuh di dalam bisul. Celak juga dapat menghilangkan rasa pusing jika dicampur dengan madu  cair yang halus dan digunakan untuk bercelak. 
Celak mata Itsmid adalah jenis celak yang terbaik, terutama bagi orang yang sudah lanjut usia dan mereka yang penglihatannya mulai melemah. Cara memakai celak mata ini cukup mudah, yaitu dengan dicampur minyak misik. Menggunakan celak sebelum tidur lebih baik karena tidak adanya gerakan (aktivitas) berlebih. Dengan ini tentunya kita semakin tahu dan yakin  untuk memakai celak terlebih dinilai dari segi kesunahannya.


1 Saran Dan Kritik:

  1. salah satu kegiatan berias yang boleh dilakukan untuk laki-laki

    BalasHapus

refban

Referral Banners
 
© 2010-2015 Harian Islam Agama Ku
Desain by OTIN | Islam Agamaku | Powered by Harian Islam