KONTAK SAYA

Email Twitter Facebook

TELUSURI

GALERI FOTO

Kategori Arsip Daftar Isi

MULAI DARI SINI

Pelayanan Portfolio Pembayaran

Home » » Konsep pendidikan menurut islam

Konsep pendidikan menurut islam

rahmad noer



kegagalan pendidikan islam di indonesia

Islam Agamaku - Proses belajar mengajar dalam islam atau tarbiyah sangat ditekankan untuk semua umat islam. Sementara tarbiyah dalam Al-Qur’an tidak hanya mengajarkan ilmu, tapi juga menanamkan akidah(tauhid), nilai luhur serta akhlak yang baik. Karena itu Allah menyebut diri-Nya dengan sebutan Rabb yang berarti Pemelihara dan Pendidik sebagaimana dalam Firman-Nya: “ Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al - Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: ” Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah. ” Akan tetapi (dia berkata) : ” Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al-Kitab dan disebabkan  kamu tetap mempelajarinya.” (QS. Ali Imran 79)
Para musafir menjelaskan ayat ini bahwa tujuan pendidikan bukan menjadikan manusia sebagai budak atau hamba dunia dengan ilmunya, melainkan agar menjadi insan rabbani, yaitu manusia yang berketuhanan . Oleh karena itu pendidikan tidak hanya menjadikan manusia pandai, pintar dan menguasai ilmu pengetahuan, namun menjadikan manusia yang kenal dan takut dengan Tuhannya melalui ilmu yang dimilikinya.

Kegagalan Konsep Pendidikan

Dari sinilah kita bisa melihat bagaimana konsep pendidikan di negeri ini bisa dikatakan gagal. Pasalnya sistem pendidikan baru dalam kerangka menjadikan manusia pintar dan mengusai ilmu pengetahuan. Belum ada upaya menciptakan manusia yang  sadar yang akan keberadaan Tuhan-Nya.
Kiata akui bahwa sebenarnya di negeri ini banyak orang yang pandai, pintar dan mampu menguasai teknologi tapi sedikit sekali orang yang menyadari keberadaan Tuhannya itulah yang membuat bangsa ini terpuruk. Allah berfirman :”..dan apakah  tidak cukup menjadi bukti bagi mereka, bahwa Para ulama Bani Israel mengetahuinya?”(QS. Asy-Asyu’ara: 197) 
Dalam Ayat ini menjelaskan bagaimana banyak orang yang pandai dalam hal duniawi tetapi miskin tentang Rabb-Nya. Karena itulah konsep pendidikan Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah belajar dan mengajar sepanjang masa untuk menjadi ciri insan rabbani, yaitu mereka yang selalu mengajarkan ilmunya kepada oranglain dan secara bersamaan mencari apa yang belum mereka ketahui sepanjang hidupnya. Oleh karena itu carilah ilmu seluas-luasnya. Begitulah Rasullulloh Saw pertama kali memerintahkan umatnya untuk dituntut sebagai pengajar dan kemudian mengajari. Dengan melakukan dua hal diatas, maka tujuan pendidikan menjadikan manusia rabbani dapat terwujud.



0 Saran Dan Kritik:

Poskan Komentar

Entri Populer

 
© 2010-2015 Islam Agamaku
Desain by OTIN | Islam Agamaku | Powered by Harian Islam